Kamis, 22 Desember 2016

4 Fakta Pulau Kabaena Yang Perlu Anda Ketahui

Pernahkah anda mengunjungi pulau Kabaena? Apa keistimewaan pulau Kabaena? Jika belum pernah berkunjung ke pulau ini, mari simak informasi yang akan diulas secara lengkap dan akurat mengenai 4 hal penting di Pulau Kabena yang patut diketahui.

Pulau Kabaena terletak di Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara. Pulau ini mejadi gugusan beberapa pulau kecil di sekitarnya. Wilayahnya terdiri dari pantai, laut, hutan dan perkampungan.

pulau kabaena

Karena ke-eksotikan pemandangan alamnya, menjadikan Pulau Kabanea dikenal sebagai destinasi wisata terindah di Sulawesi Tenggara selain Wakatobi. Keistimewaannya terletak pada pantainya yang biru serta perkampungan yang melukiskan aktivitas masyarakat secara alami.

Hal apa saja yang mejadikan Pulau Kabaena penting untuk dikenal? Inilah alasannya, misteri, makanan, bahasa, dan tambang, keistimewaan tempat wisata yang belum tentu bisa ditemukan di tempat lain. Masing-masing memberikan keunikan bagi Pulau Kabaena yang menarik untuk anda jelajahi.

pulau kabaena

Dimulai dari misteri di Pulau Kabaena. Konon ada kisah tragedi tenggelamnya kapal dagang VOC Belanda yang tertulis dalam sebuah naskah Belanda pada Maret-mei 1650. Bangakai kapal ini masih tergeletak di wilayah Barat Kabaena, tepatnya di Pulau Sagori.

Selain misteri, Kabaena juga punya makanan khas yang wajib anda cicipi. Yaitu Gula Kabaena yang rasanya legit sekali. Terbuat dari nira pohon enau yang dimasak menjadi gula merah ditambah dengan parutan kelapa muda, lalu dibungkus dengan daun. Saat berkunjung kerumah warga, anda akan disambut dengan hangat dengan hidangan Gula Kabaena ini.

Saat anda berada di Pulau Kabaena, berinteraksi dengan suku asli Kabena pasti akan menyenangkan. Anda bisa mempelajari bahasa asli mereka yang memiliki logat seperti Melayu. Bisa dipelajari dari lagu daerahnya yang selalu dinyakan di saat upaca adat atau momen spesial.

pulau kabaena

Jika tempat wisata, makanan dan bahasa sudah anda kenal, anda bisa mengakhiri perjalanan anda di pulau Kabaena dengan mengunjungi lokasi tambang. Kabaena memang salah satu wilayah yang termasuk pertamabangan terbesar di Sulawesi. Hasil tambang yang ada di sini adalah, batu alam, besi, nikel, dan emas.

Itulah 4 hal penting di Pulau Kabaena yang perlu dieksplor ketika anda menyempatkan diri berwisata di Pulau eksotik ini. Selamat menikmati!!

1 komentar so far

Mantap gan artikelnya saling suport yuk kita sama2 bloger nih


EmoticonEmoticon