Kamis, 15 Desember 2016

Wisata Ikan Napoleon Anambas Fauna Laut Yang Menguntungkan

Saat libur tiba tentu Anda sekeluarga ingin sekali untuk menghabiskannya dengan berwisata ke suatu tempat yang indah. Menikmati pemandangan alam dan suasana yang tenang dan sejuk untuk melepaskan kebosanan dengan suasana perkotaan yang penuh sesak dan berpolusi. Oleh karena itu Anda harus membuat sebuah perencanaan terlebih dahulu sebelum Anda memutuskan untuk pergi berlibur. Anda perlu banyak mencari informasi mengenai tempat-tempat wisata yang pas untuk dikunjungi bersama keluarga dan anak-anak Anda. Biasanya tempat yang paling banyak di pilih oleh para wisatawan dikala liburan adalah tempat-tempat wisata rekreasi bersama keluarga.

Lain halnya jika anda berkunjung di kepulauan Riau, terdapat tempat yang cocok bagi anda dan anak-anak yang suka dengan laut terlebih pada ikan.Kepulauan Anambas mempunyai wisata yang tak hanya menawarkan kesenangan dan memacu adrenalin, seperti diving, snorkeling dan scuba diving, di salah satu pulaunya terdapat lokasi konservasi, terdapat lokasi penangkaran penyu, pulau tempat pelarian warga Vietnam yang dahulu terkendala dampak perang saudara. Di antara itu terdapat pulau yang menangkar ikan napoleon anambas, tentu anda asing dengan jenis ikan ini. Di pasaran internasional terlebih Hongkong ikan ini sudah terkenal dan menjadi salah satu tujuan utama ekspor ikan napoleon.

ikan napoleon, ikan napoleon anambas

Ikan napoleon khas dari anambas dibudidayakan oleh masyarakat nelayan desa air sena, desa belah batu serta desa lainnya di kabupaten kepulauan Anambas. Dimana nelayan tak lagi melaut karena sibuk merawat ikan napoleon di keramba mereka yang terbuat dari senar nilon, ini dikarenakan pembudidayaan ikan napoleon lebih menjanjikan dari pada kehidupan melaut, dimana perawatannya tidak terlalu sulit dan membutuhkan modal yang tinggi seperti melaut. Dengan harga kisaran Rp 700.000 setiap ekornya untuk ukuran ikan 7 ons, menjadi pilihan yang menjanjikan untuk menaikkan taraf hidup nelayan.

Ancaman yang muncul bukan dari penyakit ataupun angin pasang, ini datang dari serangan ikan buntal. Dimana ikan ini mempunyai gigi yang tajam sehingga dapat dengan mudah mengoyak jaring nilon nelayan, dimana menyebabkan ikan napoleon bisa lepas kembali ke laut. Nelayan menyiasatinya dengan melakukan pengontrolan setiap harinya agar tidak kecolongan, cara lain yang digunakan adalah dengan membuat keramba yang berukuran kecil sehingga tidak banyak ikan yang terlepas.

Namun cara ini tidak efektif karena ikan tidak bsia berkembang dengan maksimal dan terjual dengan harga tinggi, maka dari itu meleyan tetap membuat keramba yang besar namun membuat keramba kecil-kecil di dalamnya sehingga ini dapat meminimalisir serangan ikan buntal.

Kesulitan membudidayakan dari ikan napoleon anambas adalah tidak tersedianya bibit ikan untuk dibesar kan, selama ini nelayan hanya mendapatkan bibit nya yang terdapat di laut. Dimana kini diketahui bahwa ikan napoleon tidak bisa dibudidayakan di darat meskipun menggunakan air laut, sehingga akan sulit untuk mengambil bibit nya. Selama ini nelayan menangkap sendiri bibit nya di laut dan hanya membudidayakannya hingga siap jual dan bisa juga mendapatkannya dari nelayan lain yang tidak mempunyai keramba untuk membesarkan ikan napoleon.

ikan napoleon anambas

Nelayan hanya menjual ikan jenis ini di pasaran internasional terutama Hongkong karena harga yang di tawarkan cukup tinggi, sedangkan pasar lokal tidak mampu menjangkaunya. Dimana nelayan tidak menjual langsung di pasaran luar namun dari nelayan luar negeri yang merapat di Kepulauan Anambas, sebaiknya bagi pemerintah untuk memberikan perhatian agar jual beli ikan napoleon juga bisa di lakukan di pasaran lokal, dimana kita sendiri tidak menikmati hasil ikan yang melimpah. Selain itu sebaiknya tersedia bibit ikan agar pembudidayaan bisa lebih mudah dan lebih banyak lagi nelayan yang mengembangkan ikan jenis ini.

Nah sekarang anda sudah tahukan apa itu iklan napoleon sehingga ketika anda berlibur ke pulau anambas, salah satu tujuan utama anda mungkin adalah ikan ini.


EmoticonEmoticon